Bersama Tite, Brasil Temukan “Jiwa” Yang Sempat Hilang

Bersama Tite, Brasil Temukan "Jiwa" Yang Sempat Hilang
Bersama Tite, Brasil Temukan "Jiwa" Yang Sempat Hilang

Bersama Tite, Brasil Temukan “Jiwa” Yang Sempat Hilang

Sejak ditangani Tite, performa Timnas Brasil menanjak pesat dan tampil begitu tangguh. Ada rahasia di balik penampilan oke ‘Tim Kenari Kuning’ itu.
Di Kualifikasi Piala Dunia 2018, Brasil yang masih ditangani Carlos Dunga punya start kurang oke. Lalu Brasil malah tampil buruk di Copa America Centenario ketika langsung tersingkir di fase grup.

Dunga pun dipecat dan munculllah Tite sebagai penggantinya, pelatih yang pernah menuai sukses besar bersama Corinthians dengan membawa klub itu jadi juara Copa Libertadores dan Piala Dunia Antarklub.

Di bawah Tite, Brasil lantas menemukan lagi “jiwa” yang sempat hilang. Menonjolkan lagi jogo bonito khas Brasil, Tite juga memadukan dengan kekuatan fisik serta kokohnya pertahanan.

Alhasil, Brasil pun dibawanya memenangi delapan pertandingan beruntun kualifikasi Piala Dunia 2018 termasuk mengalahkan Argentina 3-0 dan Uruguay 4-1 untuk memuncaki klasemen dengan 30 poin, unggul tujuh poin dari pesaing terdekatnya.

Dengan lima pertandingan tersisa lagi, maka peluang Brasil untuk lolos ke putaran final Piala Dunia pun terbuka lebar dan bahkan bisa dikatakan makin dekat.

“Dia selalu bisa mempertahankan level terbaik kami. Tite adalah pelatih yang rendah hati dan selalu ingin timnya juga seperti itu,” ujar bek Brasil, Marquinhos, seperti dikutip Soccerway.

“Dia adalah pelatih yang ingin tahu apa alasannya bisa menang. Untuk menang Anda harus rendah hati dan menghormati lawan Anda, dan menghormati lawan itu merupakan kerja keras,” sambung pemain yang merumput bersama Paris St-Germain itu.

“Anda harus bisa memberikan segalanya di lapangan. Ini soal tampil bagus dan paham kenapa Anda bisa menang. Dia selalu memberikan ini kepada tim.”

Brasil pun di tangan Tite begitu tajam dengan 21 gol dibuat selama delapan laga dan hanya kebobolan dua gol! Bahkan pemain yang tadinya dikesampingkan karena main di Liga China, seperti Paulinho dan Renato Augusto, justru tampil luar biasa bersama Tite.

Trio di lini depan Neymar, Phillippe Coutinho, dan Gabriel Jesus jadi andalan kini mendulang gol.

“Kami bermain baik dan itu semua karena usaha bersama seluruh pemain timnas Brasil. Saya yakin tim ini sangat kuat dan membantu kami meraih segalanya,” tutupnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *